Karies gigi: penyebab sakit gigi

penyebab sakit gigi
Mengingat salah satu lagu legendaris dari Meggy Z “dari pada sakit hati lebih baik sakit gigi ini…” saya jadi berpikir apakah bagi Meggy Z atau mungkin beberapa sobat blogger menganggap rasa sakit pada gigi merupakan saingan sakit hati, sehingga menjadi pilihan yang sebanding untuk menukarkan rasa sakit hati dengan sakit gigi berlubang?

Sakit pada gigi memang kadang sangat tidak tertahankan, bahkan bisa mempengaruhi produktivitas seseorang. Dari sekian banyak penyebabnya, salah satu penyebab sakit gigi adalah gigi berlubang (karies gigi).

Menyimak postingan terdahulu tentang penyebab gigi berlubang, pada tahap lebih lanjut akan mencapai lapisan dentin, kemudian pulpa gigi.
Lapisan dentin sendiri terdapat ujung dari saraf gigi, sehingga karies gigi yang sudah mencapai dentin dapat menimbulkan rasa sakit, apalagi jika sudah sampai pulpa, dimana pembuluh darah dan saraf gigi berkumpul.

Karies gigi

Dentin gigi yang terbuka memungkinkan penetrasi sisa makanan dan benda asing lainnya. Cairan di dalam dentin menjadi tidak stabil dan mempengaruhi ujung saraf, disinilah tahap awal terjadinya sakit gigi berlubang. Pada tahap ini sakit gigi bisa reda bila dentin dibersihkan. Lain halnya bila kerusakan sudah mencapai pulpa, maka dapat terjadi radang karena pulpa juga berisi pembuluh darah (respon radang melibatkan darah). Pada tahap ini diperlukan perawatan berupa pemberian obat untuk meredakan nyeri dan radang, serta pembersihan pulpa.

sumber gambar: mosdestosmiles.co dan wikieducator.org