Pertumbuhan atau erupsi gigi permanen

erupsi gigi permanen Sebelum melanjutkan pembahasan tentang erupsi gigi permanen, penulis menganjurkan juga untuk membaca tentang pertumbuhan gigi anak.

Gigi permanen pada orang dewasa berjumlah total 32 gigi. Namun seiring waktu akibat kehilangan fungsinya, gigi geraham ke-3 tidak ada sehingga beberapa individu hanya memiliki 28 gigi. Namun untuk masalah tidak tumbuhnya gigi geraham ke-3 ini kebanyakan akibat posisinya yang abnormal, terhalang, atau tempatnya pada rahang sudah tidak ada.

Setiap gigi susu akan tanggal dengan sendirinya dan digantikan dengan gigi permanen, namun tidak secara serentak. Gambar di bawah memperlihatkan erupsi gigi permanen pada usia tertentu.
erupsi gigi permanenGigi permanen yang tidak tumbuh pada waktu normal sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk melihat apakah benih gigi permanen ada atau tidak.

Keterangan gigi permanen:
incisor: gigi seri
canine: gigi taring
premoar: geraham kecil
molar: geraham

Biasanya pada anak-anak yang sedang dalam masa pergantian gigi dapat dilakukan pencabutan berseri, dimana gigi susu akan dicabut secara bertahap apabila tidak tanggal secara alami sedangkan gigi permanen penggantinya telah siap untuk tumbuh.

sumber gambar: yunadent.com dan dentists4kids.com