Penyebab dan Cara Mengobati Gusi Bengkak

Penyebab & Cara Mengobati Gusi Bengkak

Hai sobat blogger, apakah lagi bermasalah dengan gusi anda? Banyak orang yang bermasalah dengan gusi akan sering mengeluhkan gusi bengkak.

Dalam mengobati gusi bengkak, perlu diperhatikan lebih dulu penyebab utama dari masalah ini. Kemungkinan yang paling besar ada dua sumber:
– gusi itu sendiri
– masalah pada gigi

Masalah yang timbul karena gusi itu sendiri biasanya karena peradangan, dan bengkak adalah salah satu tanda adanya radang. Penyebab radang pada gusi paling sering karena ada benda tidak steril di sekitar gusi, misalnya sisa makanan ataupun karang gigi. Untuk mengobati gusi bengkak karena sebab ini, haruslah dilakukan pembersihan lebih dulu, dan segera diberikan obat anti radang bila perlu. Bengkak pada gusi juga dapat disebabkan karena alergi, konsumsi obat tertentu, tumor/ kanker, atau penyakit sistemik.

Masalah gusi bengkak yang berasal dari gigi biasanya ditandai dengan adanya pus atau nanah. Walaupun secara kasat mata gigi terlihat baik, namun bisa saja di dalamnya terdapat masalah. Pemberian obat anti radang (mis: kalium diklofenak) dan antibiotik (mis: amoxicillin) akan meredakan untuk sementara saja, gigi yang bermasalah harus segera dirawat sampai tuntas.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat dan sobat blogger tidak salah jalan dalam mengobati gusi bengkak

Sumber gambar: pathfinderhealth.in